Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik (TEPAD)

Beberapa aspek yang ada pada tes potensi akademik (TEPAD). Seperti aspek analogi, makna kata, pemahaman wacana, aritmatika, dan lainnya.

Tes Potensi Akademik (TEPAD) telah banyak direkomendasikan sebab sudah terbukti memberikan hasil yang baik serta sesuai dengan keperluan. Nyatanya pada pengaplikasian tes tersebut memberikan sejumlah manfaat serta keuntungan. Sehingga Anda tidak boleh melewatkan untuk mengikutinya.

Anda bisa mengikuti tes tersebut pada jasa vendor psikotes online yang tersedia. Pasalnya layanan tes online tersebut menggunakan sistem yang sudah terintegrasi dalam aplikasi untuk rekrutmen karyawan, seleksi jabatan, serta asesmen jabatan. Nantinya, tes tersebut bisa memiliki fungsi dalam meminimalisir adanya kesalahan dalam penempatan seseorang dengan cara menggali potensi pada diri Anda.

Aspek Pengukuran dengan Desain Tes Potensi Akademik (TEPAD)

Tes Potensi Akademik (TEPAD) merupakan tes dengan basis online yang ada di Indonesia untuk pertama kali. Adanya TEPAD mempunyai desain khusus guna menggali potensi kemampuan akademik pada diri Anda. Agar nantinya Anda lebih mantap untuk mengikuti tes, maka simak berikut ini aspek-aspek penilaian TEPAD.

Makna Kata

Pertama, penilaian soal untuk TEPAD akan berupa aspek "makna kata" yaitu Anda akan diminta untuk menentukan kata mana yang makna katanya paling mendekati dengan kata yang sebelumnya sudah disajikan.

Bisa dikatakan bahwa aspek tersebut upaya dalam menggali keterampilan berbahasa Anda dalam mengolah kata. Untuk kedepannya bisa meningkatkan kemampuan dalam berbahasa seseorang.

Aspek Analogi

Aspek yang ada pada tes potensi akademik (TEPAD) berikutnya yaitu aspek analogi. Dalam hal itu, Anda perlu dapat mencari serta menemukan pasangan kata yang mempunyai hubungan analogi. Sama seperti menjawab pasangan kata.

Adapun manfaat ilmu analogi sendiri antara lain guna untuk menjelaskan sesuatu menjadi penalaran serta menyampaikan pesan sebuah konsep agar lebih sederhana maka dapat diterima oleh akal.

Pemahaman Wacana

Sebelum Anda menjawab soal, pastikan telah memahami wacana secara baik. Nantinya merupakan sebuah acuan Anda guna menjawab soal yang berkaitan dengan isi bacaan yang telah tersaji dalam soal tes.

Aspek Silogisme

Penilaian aspek silogisme merupakan menarik kesimpulan dengan tepat sesuai tampilan premis. Aspek itu menuntut Anda untuk berpikir dengan tertib, jelas, serta tajam. Sehingga Anda dapat melihat sesuatu akibat dari sebuah pernyataan yang tersedia.

Deret Angka

Jangan ngaku Anda jago Matematika jika belum bisa menyelesaikan deret angka di tes potensi akademik (TEPAD). Dalam soal deret angka tersebut, Anda dituntut dapat melanjutkan deretan angka dalam soal sesuai pola yang menjadi dasarnya.

Aspek Aritmatika

Terdapat pula penilaian seputar aritmatika. Nantinya Anda perlu menyelesaikan soal aritmatika yang telah tersedia dengan cara melakukan komputasi efisien.

Perbandingan

Adapun spesifikasi nilai dari aspek perbandingan yaitu Anda akan dimintai dalam menentukan perbandingan kuantitatif dari 2 kondisi yang sudah tersedia dalam soal.

Aspek Serial

Penilaian aspek serial merupakan menentukan objek lanjutan dari sebuah rangkaian objek. Soal yang tersedia sesuai dengan pola yang menjadi dasarnya. Pada aspek tersebut guna menentukan sebuah fakta yang terjadi pada sekitar Anda.

Aspek Matriks

Soal yang sudah tersaji dalam aspek matriks dalam bentuk melengkapi matriks yang berisikan mengenai objek sesuai dengan pola yang mendasarinya. Pada aspek tersebut menuntut sampai mana pemahaman Anda membuat analisis yang berkaitan dengan masalah ekonomi dengan berbagai variabel.

Alasan Mengikuti TEPAD

Potensi akademik yang ada pada dalam diri Anda, dapat Anda ketahui dengan berbagai hal. Adapun salah satunya yaitu dengan mengikuti tes TPA secara online. Tes TPA yang dimaksud yaitu Tes Potensi Akademik itu sendiri. Untuk itu, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu mengikuti tes tersebut.

Dapat Memenuhi Berbagai Keperluan

Pastikan Anda tidak mengabaikan untuk ikut tes TPA online TEPAD berikut. Pasalnya tes tersebut bisa Anda pakai dalam memenuhi sejumlah keperluan. Misalnya saja untuk melakukan identifikasi kemampuan yang dipunyai oleh calon mahasiswa sarjana atau pascasarjana. Dapat dikatakan juga bahwa mengaplikasikan tes tersebut bisa memudahkan seleksi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi, Sehingga prosesnya pun bisa berjalan dengan tepat, cepat, serta hemat tenaga.

Dengan mengetahui kemampuan yang Anda miliki, maka dapat lebih mudah ketika memilih jurusan kuliah pada jenjang pendidikan berikutnya. Bukan hanya itu, juga bisa mengukur kemampuan diri. Sehingga dapat mengetahui sektor usaha ataupun lingkup pekerjaan mana yang sesuai dengan Anda.

Tidak hanya itu saja, tes potensi akademik (TEPAD) juga bisa membantu dalam memenuhi keperluan sebuah perusahaan maupun instansi yang terkait. Nantinya perusahaan akan lebih mudah dalam memperoleh karyawan sesuai dengan bidang posisi pekerjaan yang kosong.