Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online Bersertifikat

Tes TPA Online Bersertifikat dari TEPAD memiliki beberapa aspek yang diukur berdasarkan dengan teori Tes Potensi Akademik modern.

TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan salah satu jenis tes psikotes yang berfungsi untuk mengukur tingkat kecerdasan atau kemampuan seseorang. Saat ini, mengikuti TPA sudah semakin mudah, karena bisa diselenggarakan secara online. Meskipun demikian, tes TPA online bersertifikat tetap menjadi yang utama.

Aspek dalam Tes TPA Online Bersertifikat

Tes TPA banyak diikuti oleh berbagai macam instansi maupun individu. Selain itu, tes ini memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah mampu mengukur kemampuan penalaran secara umum yang berfungsi untuk memecahkan masalah maupun mempelajari hal-hal baru.

Kemampuan semacam inilah, penting untuk Anda dapatkan. Pasalnya, bisa dijadikan sebuah pertimbangan dalam menyeleksi calon mahasiswa baru, rekrutmen karyawan, hingga promosi jabatan.

Mengingat pentingnya tes TPA online, sudah barang tentu Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih. Pastikan tes TPA tersebut memberikan sertifikat online proses autentikasi sebagai salah satu hasil tesnya. Dengan begitu, hasil tes yang Anda dapatkan bisa dipertanggung jawabkan.

Sejatinya, dalam tes TPA online terdapat beberapa aspek penting yang seringkali dijadikan acuan dalam mengukur kemampuan atau kecerdasan seseorang. Kira-kira, apa sajakah itu? Berikut ini adalah informasinya.

1. Makna Kata

Makna kata merupakan salah satu aspek penting dalam tes TPA online bersertifikat. Aspek ini berfungsi untuk membantu seseorang untuk mengambil suatu kebijakan dengan cepat dan efektif.

Aspek ini akan menggali keterampilan seseorang dari segi berbahasa. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kemampuan berbahasa seseorang di masa mendatang. Biasanya, perusahaan akan menggunakan aspek ini sebagai salah satu syarat atau pertimbangan saat merekrut karyawan.

2. Deret Angka

Dalam tes TPA online, Anda akan menemukan aspek deret angka. Deret angka merupakan aspek penting dalam tes TPA yang berfungsi untuk mengetahui tingkat analisa dan ketelitian seseorang . Selain itu, aspek ini juga dapat menguji kemampuan peserta dalam mengelola maupun menganalisis suatu permasalahan maupun tingkatan emosionalnya.

3. Matriks

Dalam aspek yang satu ini, peserta akan mendapatkan soal berupa melengkapi matriks berisikan objek. Hal ini berdasarkan pola matrik yang biasa digunakan.

Secara umum, aspek matrik menuntut para peserta untuk memahami suatu permasalahan. Setelah itu, peserta akan membuat analisis terkait masalah tersebut beserta variable-variabel yang berkaitan.

4. Aritmatika

Tes TPA online bersertifikat juga menjadikan soal aritmatika sebagai aspek penting yang harus diukur. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan seseorang dalam berpikir analitik maupun logis.

Aspek aritmatika ini sangat penting dalam merekrut karyawan di sebuah perusahaan. Dengan aspek ini, perusahaan bisa melihat dan mengetahui skill calon karyawan dalam membuat perencanaan kerja maupun pemecahan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

5. Pemahaman Wacana

Pemahaman wacana merupakan aspek yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman seseorang terhadap sebuah informasi. Sebab itulah, dalam aspek ini akan disajikan soal dalam bentuk teks yang berisikan informasi penting.

Kemudian, para peserta harus bisa memahami isi dan informasi yang terdapat dalam teks tersebut. Pemahaman ini juga membutuhkan sudut pandang yang objektif.

Aspek ini juga bisa mengukur pemahaman seseorang terhadap bacaan dan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk memahami teks yang disajikan.

6. Silogisme

Sejumlah perusahaan akan menjadikan aspek satu ini dalam menentukan calon karyawan baru. Pasalnya, melalui aspek ini, perusahaan dapat mengetahui siapa saja calon karyawannya yang mempunyai pikiran yang tertib, jelas, dan juga kritis.

Pada dasarnya, ketiga kemampuan berpikir tersebut sangatlah dibutuhkan. Hal ini sangat bermanfaat ketika bekerja di lapangan. Jika karyawan suatu perusahaan dapat berpikir dengan kritis, jelas, dan tertib, maka bisa melihat suatu akibat dari masalah yang terjadi.

Dalam aspek ini, para peserta harus melakukan penalaran dengan runtut. Setelah itu, membuat kesimpulan yang tepat dan sesuai.

7. Perbandingan

Aspek terakhir adalah perbandingan. Aspek ini bertujuan untuk mengetahui dan menentukan hasil perbandingan secara kuantitas antara dua situasi yang tersaji dalam soal. Hal ini dapat membantu para peserta untuk berpikir logis berdasarkan interaksi sosial yang terdapat di dalam soal.

Tes TPA online bersertifikat menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan maupun instansi Anda untuk mendapatkan karyawan yang bertalenta. Dengan banyaknya aspek yang bisa diukur, perusahaan memiliki peluang besar untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).