Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online dalam proses rekrutmen karyawan dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi calon karyawan yang memiliki potensi.

Tes TPA online banyak digunakan dalam proses rekrutmen karyawan. Bahkan, untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil dan Aparatur Sipil Negara juga membutuhkan tes satu ini.

TPA memang terkenal digunakan di berbagai bidang. Namun, apa sebenarnya alasan yang membuat tes psikologi ini wajib ada di proses rekrutmen karyawan?

Tes TPA Online Terbaik

Jika pernah mengikuti tes masuk perguruan tinggi, pastinya tidak akan asing dengan tes TPA. Setelah lulus dan akan bekerja di suatu perusahaan, seseorang juga akan bertemu dengan tes ini lagi.

Itulah kenapa, para calon karyawan harus mampu mempersiapkan diri dengan matang. Sebab, tes TPA mungkin cukup sulit untuk sebagian orang.

TPA sendiri merupakan singkatan dari Tes Potensi Akademik. Ini merupakan salah satu jenis psikotes yang digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan intelektual di dalam diri seseorang.

Tingkat kecerdasan seseorang tersebut tidak bisa terlihat secara langsung. Namun, tingkatannya bisa terlihat juga melalui tes satu ini.

TPA di Indonesia

Penggunaan TPA untuk rekrutmen karyawan di Indonesia sudah menjadi hal umum. Hampir semua perusahaan negeri maupun swasta menggunakan TPA dalam tahap seleksi.

Hal ini tentu saja bertujuan untuk memahami kemampuan para pelamar kerja. Perusahaan jadi tahu kepribadian calon karyawan secara singkat.

Bahkan, Bappenas menegaskan bahwa TPA dirancang untuk melihat potensi intelektual yang dianggap sangat mendasari kemungkinan seseorang dapat menyelesaikan pendidikan S2 atau S3.

Jadi, tes TPA online ini tidak hanya bermanfaat di dunia pendidikan. Para petinggi karyawan bisa menggunakan tes ini untuk melihat potensi di dalam diri para calon karyawannya.

Tiga Aspek TPA

Ada tiga aspek dari tes TPA yang harus dipahami. Para calon karyawan harus mempelajari ketiga aspek tersebut dengan baik agar mendapat skor maksimal.

Ketiga aspek tersebut adalah verbal, numerikal, dan figural. Setiap aspek memiliki tujuan tes tertentu.

Misalnya aspek verbal yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami dan juga cara berpikir menggunakan bahasa dalam diri seseorang. Sementara itu, numerik merupakan cara untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami dan berpikir dengan angka. Terakhir, figural untuk mengetahui kemampuan memahami serta berpikir dengan gambar.

Pertanyaan TPA dari ketiga aspek tersebut sebenarnya terlihat gampang. Namun, justru banyak orang yang mengalami kegagalan saat melakukan tes ini.

Ada banyak alasan kenapa peserta tes TPA online bisa gagal, mulai dari kurang waktu, tidak teliti, dan bahkan bingung dalam menentukan jawaban. Jika masalah ini tidak bisa diatasi, maka hasil skor dari TPA akan rendah dan tidak memenuhi syarat.

Fungsi TPA untuk Calon Karyawan

Kenapa sebenarnya TPA diberikan kepada karyawan jika tes ini untuk mengukur kemampuan intelektual seseorang? Padahal, belum tentu karyawan bekerja di bidang edukasi.

Jawabannya mudah, yakni karena fungsi dari TPA lebih dari itu. TPA ini mampu membantu pengukuran kemampuan literasi dan menulis pada diri seseorang.

Kemampuan literasi dan menulis tersebut sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan. Apabila calon karyawan terbukti memiliki kemampuan tersebut, artinya mereka bisa bekerja dengan baik bersama rekannya maupun secara individual.

Selain itu, TPA juga membantu dalam menilai kemampuan calon karyawan dalam menganalisis serta menyelesaikan suatu masalah. Kemampuan menyelesaikan masalah ini wajib dimiliki para karyawan untuk mendukung produktivitasnya di tempat kerja.

Jadi, memang tes TPA online sangat penting untuk dilakukan kepada calon karyawan. Untuk dinyatakan lulus, skor TPA biasanya harus di atas 500 atau 600.

Tempat Tes Terpercaya

Perusahaan mungkin kebingungan untuk mencari platform terpercaya untuk melakukan TPA online kepada para calon karyawannya. Padahal, Tepad.id hadir dengan berbagai fitur menarik untuk para pengguna.

Sebagai platform TPA online, Tepad.id memberikan kemudahan untuk para penggunanya. Pengerjaan bisa dilakukan dimana saja dan kapan aja melalui berbagai jenis gadget.

Selama terhubung ke internet, pengerjaan TPA bisa berjalan dengan lancar. Adapun hasil TPA tersebut akan langsung muncul secara real-time jadi tidak perlu menunggu lama.

Dengan begitu, Tepad.id adalah platform tes TPA onlin terbaik yang membantu dalam proses rekrutmen karyawan baru. Setelah selesai, peserta tes juga akan mendapatkan sertifikat.