Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online Bersertifikat

Tes TPA Online terdiri dari beberapa subtes yang memiliki perbedaan berdasarkan teori pembagunan dari tes Potensi Akademik ini.

Tes TPA online bersertifikat merupakan metode untuk mengetahui kemampuan atau potensi seseorang dari segi intelektualnya. Tinggi dan rendahnya hasil TPA sering dikaitkan dengan ukuran kecerdasan para peserta. Menariknya, setelah selesai tes maka peserta yang lolos akan memperoleh bukti resmi berupa sertifikat.

Di Indonesia sendiri, tes TPA merupakan versi lain dari Graduate Record Examination atau GRE. Baik dari segi metode, model materi, serta bidang yang diuji dalam tes ini sebagian besar merujuk pada GRE. Sementara dengan hadirnya teknologi yang semakin canggih, tes TPA kini semakin mudah dengan sistem online.

Jenis-Jenis Soal yang Terdapat dalam Tes TPA Online Bersertifikat

Tes TPA online bersertifikat juga dipakai untuk mengukur seberapa besar kegesitan mental seseorang. Baik yang berkaitan dengan kata, angka maupun gambar. Dalam ilmu psikologi terdapat batasan-batasan kegesitan mental yang harus seseorang miliki. Supaya memiliki kemampuan menangani berbagai permasalahan yang sifatnya intelektual.

Karena itu, TPA sering digunakan untuk seleksi mahasiswa baru maupun tes masuk karyawan di sejumlah perusahaan. Seiring berjalannya waktu, materi yang keluar dalam tes TPA tentu menyesuaikan kondisi. Sehingga dari tahun ke tahun soal-soalnya akan bervariasi.

Namun perlu Anda ketahui, jenis atau model soal tes TPA online bersertifikat sifatnya tetap. Terdapat 3 jenis yang akan selalu ada dalam tes TPA, yakni verbal, numerik dan figural. Nah, supaya semakin jelas silahkan simak uraian lengkapnya dibawah ini, ya!

1. Model Tes Verbal

Pada tes verbal, peserta akan menjumpai model soal yang berkaitan dengan perbendaharaan kata. Seperti makna suatu kata, antonim, sinonim dan masih banyak lagi. Pengetahuan mendalam perihal perbendaharaan kata tentu sangat dibutuhkan dalam hal ini. Untuk melatih kelancaran verbal, Anda bisa melakukan hal-hal berikut.

  1. Banyak membaca tulisan-tulisan ilmiah, koran, majalah ekonomi, bisnis, serta buku-buku sastra. Semakin rajin membaca, maka akan lebih baik penguasaan kemampuan verbal Anda.
  2. Catat dan buat daftar kata yang tidak umum dalam buku kecil. Supaya bisa dengan Anda baca dimanapun dan kapan saja.
  3. Pelajari sejumlah kata yang belum dimengerti. Jika menjumpai kata yang asing carilah artinya di KBBI. Sehingga suatu saat kata tersebut muncul dalam tes TPA, Anda sudah memahami maknanya dengan baik.
2. Model Tes Numerik

Susunan soal tes numerik selalu berhubungan dengan angka-angka. Anda akan menghadapi sejumlah pertanyaan dengan operasi hitung matematika dasar. Sebenarnya, proses pengerjaan tes numerik tidak memerlukan ingatan terkait rumus yang rumit.

Namun, Anda tetap harus teliti, karena terkecoh sedikit maka jawabannya tentu akan salah.  Agar lebih siap menghadapi tes numerik di soal-soal TPA nanti. Sebaiknya Anda sering latihan dan melakukan kiat-kiat seperti berikut ini.

  1. Lakukan latihan secara rutin, dengan memaksa diri Anda menyelesaikan soal kurang dari waktu yang diberikan. Meski tidak mudah, namun terbiasa menghadapi hal serupa mampu mempersiapkan diri Anda.
  2. Semua orang tentu bisa menghitung, bahkan sejak taman kanak-kanak ilmu tersebut sudah diajarkan. Namun tidak semua orang mampu berlatih menghitung cepat. Padahal, di dalam tes TPA Anda hanya diberi waktu terbatas untuk memilih angka yang paling tepat sebagai jawaban. Karena itu, upayakan untuk selalu berlatih menghitung cepat.
  3. Asah kemampuan berpikir secara logika. Mengingat beberapa soal numerik membutuhkan kemampuan logika yang cukup baik. Karena itu, jangan hanya fokus menghitung saja, namun benar-benar memahami soal secara logika.
  4. Selalu pilih jenis soal yang mudah terlebih dahulu. Jangan terlalu lama memecahkan soal yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, karena hal itu justru berisiko menyita waktu. Akibatnya pembahasan lainnya menjadi terbengkalai.
3. Model Tes Figural

Tes figural ini memiliki fungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang yang berkaitan dengan figural. Seperti gambar, simbol hingga pola diagram. Selain itu, tes figural juga meliputi soal-soal bayangan benda di cermin horizontal maupun vertikal, hubungan gambar dengan gambar, dan tes deret gambar. Sementara para peserta harus menentukan deret gambar berikutnya.

Dalam tes ini, kecermatan dan ketelitian begitu penting. Salah menentukan pola deret maupun bayangan gambar membuat poin Anda berkurang. Tetap fokus dan konsentrasi sehingga hasil Tes TPA online bersertifikat semakin maksimal. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat!